Senin, 13 Agustus 2012

Manfaat Buah Timun Suri


Manfaat Buah Timun suri - TIMUN suri, siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini. Buah yang bernama latin Curcumis lativus sangat digemari oleh berbagai orang dan berbagai kalangan karena memiliki rasa yang manis dan menyegarkan.

Timun suri merupakan salah satu tanaman yang mudah tumbuh, dan perawatannya tidak sesulit tanaman buah lainnya. Umumnya warga menanam timun suri dengan memanfaatkan lahan yang kosong di sekitar areal pemukiman. Selain timun suri, mereka juga menanam blewah secara bersamaan.

Perawatannya sangat mudah, yang penting harus terus disiram dan diberi pupuk, dan dalam tempo yang tidak begitu lama sudah besar dan berbuah banyak.

Buah ini umumnya berbentuk lonjong dengan warna kulit kuning dan halus. Bila ditelisik, buah ini memiliki tekstur yang mudah rusak ketika matang, beraroma harum dan daging buah bercitarasa manis serta miliki kadar air yang cukup tinggi.

Dibalik keberadaanya yang musiman, buah ini juga mengandung mineral kalium dan provitamin. Serat di dalam timun suri mampu mencegah timbulnya kanker saluran pencernaan, seperti kanker usus dan kolon. Hal ini disebabkan sifat serat timun suri yang mengikat zat-zat karsinogen penyebab kanker yang ada di saluran pencernaan.

Timun suri juga kaya akan provitamin A, berfungsi menjaga kesehatan mata dan sebagai antioksidan alami pencegah rusaknya sel tubuh penyebab penuaan dini. Seperti buah pada umumnya, Vitamin C di dalam timun suri termasuk tinggi. Keberadaan vitamin C inilah yang dapat mencegah timbulnya gangguan penyakit flu dan infeksi. Hal ini disebabkan sifat vitamin C yang berfungsi sebagai anti virus dan pencegah infeksi. Selain vitamin, mineral esensial seperti kalsium, fosfor dan zat besi juga banyak terdapat di dalam timun suri.

Tak hanya itu, kandungan zat gizi dan air yang terkandung di dalam buah timun suri bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan fungsi ginjal dan limpa, dan menurunkan tekanan darah.

Sekian artikel Manfaat Buah Timun suri dari saya, semoga bermanfaat.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar