Senin, 01 Oktober 2012

Perbedaan Emulator dan Simulator

Perbedaan Emulator dan Simulator - kali ini saya akan membahas apa itu perbedaan emulator dan simulator. Yang mana sering kita gunakan tetapi tidak tahu artinya apa.. Langsung aja yaa..

Emulator atau lebih tepatnya piranti lunak emulator adalah sebuah teknologi yang memungkinkan suatu program atau piranti lunak yang dibuat dan dijalankan untuk lingkungan sistem atau platform tertentu, sehingga dapat dijalankan pada lingkungan sistem atau platform lainnya yang benar-benar berbeda.

Berikut adalah berapa contoh/jenis emulator :
1. Emulator sistem operasi
Emulator jenis ini dapat menjalankan sebuah sistem operasi di atas sistem operasi lainnya atau istilahnya Guest OS dan Host OS. Contoh untuk emulator jenis ini yaitu Sun Virtualbox, VMware, Xen, Qemu, dan lain-lain.

2. Emulator konsol game
Emulator jenis ini dapat memainkan game yang khusus dibuat dan dijalankan untuk konsol game tertentu pada komputer PC. Jenis-jenis dari emulator ini mengikuti jenis-jenis konsol game yang ditirunya atau dengan kata lain jenis-jenis emulator ini sangat spesifik. Contoh emulator konsol game ini yaitu ZSNES untuk menjalankan game Super Nintendo Entertainment System, PSX-Fin untuk menjalankan game Sony Playstation One, dan lain-lain.

Untuk contoh emulator lebih lengkapnya bisa baca dipostingan saya Jenis-jenis Emulator. 

Simulator adalah sebuah sistem atau program yang mana berfungsi untuk menyerupai atau mensimulasikan benda aslinya.
Contoh program simulator : 

1. Simulasi penerbangan (flight simulator) adalah sebuah sistem untuk mewujudkan gambaran penerbangan sebuah pesawat terbang yang mendekati kenyataan yang sebenar-benarnya.
Ebook Panduan Menjadi Teknisi
Komputer Super Lengkap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar